LEMBAGA PENJAMINAN MUTU

Tanggal Berdiri/Nomor SK : 29 Januari 2008/Nomor 1232/UKS/G.16/08


Profil

Dilandasi kesadaran bahwa keberadaan Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara kini dan masa mendatang sangat tergantung dari mutu penyelenggaraan Tridharma Perguruan Tinggi, maka pada tanggal 29 Januari 2008 dibentuk Lembaga Penjaminan Mutu dengan SK Rektor Nomor 1232/UKS/G.16/08. Seiring dengan itu ditingkat Fakultas dibentuk Unit Penjaminan Mutu (UPM) dan di tingkat Departemen dibentuk Tim Penjaminan Mutu (TPM). Pada bulan Juli 2013, Tim LPM-Universitas Katolik Santo Thomas telah berhasil menyelesaikan Buku I Sistem Penjaminan Mutu Internal. Bersamaan dengan proses penyusunan Buku II, yakni standar pendidikan dan pengajaran, standar penelitian dan pengabdian masyarakat yang berisi borang/formulir yang diperlukan di dalam SPM-Unika Santo Thomas, telah dilakukan lokakarya penjaminan mutu bagi fungsionaris universitas dan fakultas di Berastagi pada 19 sampai dengan 22 Februari 2015. Pada saat lokakarya, Rektor Universitas Katolik Santo Thomas mencanangkan secara resmi implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di seluruh unit kerja yang menandai semakin tingginya kesadaran berbudaya mutu di seluruh komunitas Unika Santo Thomas SU.


Tugas Pokok

  1. Mengembangkan dan memfasilitasi terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Universitas Katolik Santo Thomas di setiap unit kerja
  2. Mengembangkan, menyosialisasikan, mengkoordinasikan dan memonitor proses audit mutu internal yang bertujuan untuk menjamin pemenuhan standar mutu
  3. Mempelajari dan mensosialisasikan praktik baik monitoring dan evaluasi kegiatan
  4. Melakukan review berkas akreditasi nasional yang bertujuan tercapainya peringkat akreditasi sebaik mungkin di setiap program studi dan institusi (AIPT)
  5. Mengkoordinasikan pelaksanaan sertifikasi dosen dan pelaporan beban kerja dosen.


Personalia


Prof. Dr. Ir. POSMAN SIBUEA, MS

PLT KETUA

Posman Sibuea, menjadi Wakil Raktor Satu Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara mulai November 2016 dan juga merupakan Pelaksana Tugas Kepala Lembaga Penjaminan Mutu sejak tanggal 01 Juli 2020 sampai dengan terpilihnya Kepala dan Sekretaris Lembaga Penjamin Mutu yang definitive . Pria yang lahir di Laguboti 5 Maret 1961 ini, sejak 1986 hingga sekarang bekerja sebagai dosen di Fakultas Pertanian Program Studi Teknologi Hasil Pertanian Universitas Katolik Santo Thomas. Tahun 1988 - 1990 melanjutkan pendidikan S2 di Program Studi Ilmu dan Teknologi Pangan, UGM Yogyakarta. Tahun 2002 melanjutkan pendidikan S3 Ilmu Pangan di UGM Yogyakarta, dan memperoleh gelar doktor tahun 2005 dengan predikat cum laude. Sejak tahun 2002 hingga sekarang anggota Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Sumatera Utara dan Kota Medan. Dalam rentang waktu 2007 – 2013 ditunjuk sebagai anggota Pokja Nasional Pemberdayaan Ekonomi dan Gizi Keluarga di Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian yang membidangi percepatan pengenekaragaman konsumsi pangan lokal nonberas; tahun 2007 hingga sekarang Ketua Persatuan Ahli Teknologi Pangan Indonesia (PATPI) Cabang Sumatera Utara.