SEKILAS TENTANG UNIKA SANTO THOMAS

Sejarah

Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara [disingkat UNIKA Santo Thomas SU] didirikan pada tahun 1984 di Jl. S. Parman 107, Medan. Pada dekade pertama, pertumbuhan dan perkembangan UNIKA sangat pesat sehingga dibutuhkan lokasi kampus baru yang lebih luas. Pada tahun 1994, kampus baru di Tanjung Sari Medan diresmikan dan seluruh kegiatan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dipusatkan dan dirancang di kampus Tanjung Sari. Untuk Fakultas Filsafat dibuka kampus baru di Pematang Siantar, tepatnya di Sinaksak yang sekaligus merupakan tempat untuk pendidikan calon imam Katolik.


Tujuan

UNIKA didirikan untuk membentuk (formation, Bildung) manusia muda yang utuh (fisik, pikiran, hati, roh) dan membentuk mereka menjadi manusia dewasa yang cerdas dan terampil dalam merancang dan menjalankan kehidupan yang berbuah dan sejahtera. Orang Muda lulusan UNIKA akan dibekali dengan mindset kelimpahan.


Nilai

Cintakasih, Keadilan, Martabat Manusia, Pilihan untuk berpihak kepada Kaum Miskin (Preferential Option for the Poor), Solidaritas, dan Keseimbangan (Itinerarium Mentis ad Deum).


Prinsip

Profesional, Efetivitas & Efisiensi, Transparansi, dan Akuntabilitas.


Makna Lambang

Lambang UNIKA berupa Perisai Mahkota Salib yang melambangkan Pancasila dan Kekatolikan dengan bagian-bagian yang mempunyai arti sebagai berikut:

  1. Perisai bersegi lima melambangkan Pancasila sebagai Dasar Negara RI.
  2. Mahkota berbentuk Salib melambangkan ciri lulusan yang bermoral Katolik.
  3. Lilin Bernyala melambangkan ciri lulusan yang berpengetahuan tinggi.
  4. Ujung Tangan melambangkan ketrampilan bekerja.
  5. Padi dan Kapas yang mengapit buku melambangkan peningkatan kesejahteraan masyarakat berdasarkan kajian ilmu pengetahuan.
  6. Warna Dasar Kuning melambangkan bahwa UNIKA Santo Thomas adalah bagian dari tugas pengabdian Keuskupan Agung Medan di tengah-tengah masyarakat.
  7. Warna Merah pada pita melambangkan Kemartiran dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

Motto

  1. Omnibus Omnia (Become all things to all people – Menjadi segalanya untuk semua orang)
  2. Service Excellence