Kegiatan-Kegiatan

Kegiatan-kegiatan GEMPITA pada umumnya dilaksanakan oleh berbagai divisi yang ada di GEMPITA. Divisi di GEMPITA ada empat yaitu Divisi Hutan Gunung (Hiking), Divisi Panjat Tebing (Climbing), Divisi Arung Jeram (Rafting) dan Divisi telusur Gua (Caving). Selain dari divisi tersebut, GEMPITA juga melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan Konservasi/Penghijauan dan Kegiatan-kegiatan sosial lainnya.


Prestasi

Beberapa prestasi yang pernah diraih :

  1. Divisi Hutan Gunung

    Kegiatan Hutan Gunung yang sudah pernah dilaksanakan antara lain Ekspedisi 7 Puncak Barat Sumatera, Ekspedisi Loser, Ekspedisi Kemili Route, Ekspedisi Sapu Gunung Barat Sumatera, Ekspedisi Jawa Bali Lombok, Ekspedisi Pak-Pak Bharat dan berbagai pendakian gunung dalam skala kecil.

    Selain itu, GEMPITA juga ikut serta dalam berbagai Lomba Lintas ALam yang dilaksanakan di dalam dan di luar propinsi Sumatera Utara seperti GEMPITA pernah menjai Duta pariwisata pada tahun 2015 yang diselenggarakan oleh DPC PDIP langkat. Untuk meningkatkan pengetahuan dalam bidang hutan gunung, anggota GEMPITA diikutsertakan dalam latihan SAR ataupun latihan gabungan bersama mapala-mapala di Sumatera Utara

  2. Divisi Panjat Tebing

    Kegiatan Panjat tebing yang pernah dilaksanakan GEMPITA diantaranya adalah Sirkuit Panjat Tebing tahun 2000 dan Kompetisi Panjat Tebing Balige tahun 2001. Selain itu, atlet-atlet panjat GEMPITA juga berhasil menorehkan tinta emas di dunia panjat dinding seperti tampil dalam PON XV/2000 di Jawa Timur, kejurnas Zona Sumatera tahun 2001 di Bengkulu dan kompetisi-kompetisi lokal di Sumatera Utara. Untuk meningkatkan pengetahuan dalam dunia panjat, anggota GEMPITA dikirim untuk mengikuti Sekolah Panjat Tebing, baik yang dilaksanakan dalam skala daerah maupun nasional.

  3. Divisi Arung Jeram

    Sebagai olahraga yang menantang, anggota GEMPITA juga tak ketinggalan mengikuti berbagai kegiatan arung jeram seperti Kejuaraan Daerah (Kejurda) Sungai Bingei dan Sungai Wampu, Asahan White Water Festival dan Kejuaraan Arung jeram Internasional di India dan Juara Harapan III pada tahun 2015 yang di adakan Kadispora Sumut. Untuk meningkatkan pengetahuan dalam dunia arung jeram, anggota GEMPITA melaksanakan pelatihan arung jeram dan diikutsertakan dalam sekolah arung jeram.

  4. Divisi Telusur Gua

    Untuk kegiatan yang satu ini, anggota GEMPITA mengadakan kegiatan telusur gua yang ada di Sumatera Utara. Kebanyakan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan bersama yang dilakukan antara lain di Gua Patu Rizal, Pintu Angin dan Katak Kecamatan Bahorok Langkat.

  5. Konservasi/Penghijauan

    Untuk kegiatan Konservasi/Penghijauan, anggota GEMPITA mengikuti Pembinaan Kader Konservasi Sumber Daya Alam. GEMPITA juga menjadi juara II tingkat KPA dalam Kader Konservasi dan Kelompok Pencinta Alam Propinsi Sumatera Utara tahun 1995, Juara III Tingkat KPA dalam Pekan Penghijauan Dan Konservasi SDA Propinsi Sumatera Utara tahun 1997, penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup sebagai kader Lingkungan tahun 2004, juara I Tingkat KPA dalam Pekan Penghijauan Dan Konservasi SDA Propinsi Sumatera Utara tahun 2005 dan terakhir meraih juara III Nasional tingkat KPA dalam Pekan Penghijauan Dan Konservasi SDA Propinsi Sumatera Utara tahun 2005.

    GEMPITA juga melaksanakan Aksi Bersih Pesisir Danau Toba di Toba Samosir tahun 2001, Penghijauan di Tapanuli Utara tahun 1995 serta Penghijauan dan Pengabdian Masyarakat di Toba Samosir tahun 2004.

  6. Kegiatan sosial

    Untuk kegiatan sosial, GEMPITA sudah melaksanakan lima kali aksi sosial berupa pengumpulan pakaian bekas, buku-buku bekas dan donor darah pada tahun 1999, 2001, 2005, 2006 dan 2007. GEMPITA juga turut berpartisipasi menjadi Relawan Bencana di Aceh dan Nias tahun 2005.