Sejarah

Gema Pencinta Alam (GEMPITA) merupakan salah satu Unit Kegiatan mahasiswa (UKM) tertua yang ada di Universitas Katolik Santo Thomas Medan yang berperan sebagai wadah penampung dan penyaluran hobbi, minat dan bakat mahasiswa/i di bidang kepencinta alaman.

Berawal dari beberapa mahasiswa/I yang ada di Fakultas Pertanian yang memiliki persamaan persepsi tentang kepedulian akan kelestarian alam dan lingkungan, kata sepakatpun muncul untuk mendirikan suatu wadah yang bergerak di alam bebas yang diberi nama GEMA PENCINTA ALAM dan disingkat GEMPITA yang berdiri tepat pada tanggal 24 Mei 1990 di bawah naungan Fakultas Pertanian. Adapun pendiri adalah Kak Yohannes, Kak Rismawaty Bangun dan Kak Alexander Oktarena Purba.

Setelah sukses melakukan pembinaan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa/I di Fakultas Pertanian pada khususnya dan Universitas Katolik Santo Thomas pada umumnya, maka pada tahun 1992, GEMPITA diberikan kepercayaan untuk mengelola pada tingkat Universitas dengan Surat Keputusan Rektor No. 1917/UKM/F.08/92. Dengan demikian tidak tertutup kesempatan buat mahasiswa/i yang ada di semua fakultas di bawah naungan Universitas Katolik Santo Thomas Medan untuk menjadi anggota.


Tujuan

GEMPITA bertujuan meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan menimbulkan rasa kecintaan terhadap alam dan lingkungan serta menampung dan mengembangkan kepribadian, minat, hobbi, bakat dan studi mahasiswa terhadap lingkungan


Motto

"Lestari, Alam, Kebersamaan"


Lambang/Logo