PKKMB 2018 akan dilaksanakan di Kampus UNIKA mulai Rabu –" /> Universitas Katolik Santo Thomas
DR. FRIETZ; PELAKSANAAN PKKMB UNIKA AKAN FOKUS PADA PENGENALAN KULTUR AKADEMIK PERGURUAN TINGGI
08 September 2018

PKKMB 2018 akan dilaksanakan di Kampus UNIKA mulai Rabu – Sabtu (12-15 Sept.). Kegiatan ini adalah ritual sebuah universitas untuk menginisiasi kultur akademik Perguruan Tinggi bagi semua mahasiswa baru. Peserta yang ikut dalam PKKMB ini adalah orang muda yang selama 12 tahun sebelumnya mengalami proses pendidikan di level pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Selama 4 (empat) hari, para mahasiswa baru UNIKA akan diperkenalkan dengan kultur baru akademik perguruan tinggi seperti intelektualitas, inovasi, kreativitas, enterpereneurship, teknopreneurship dan integritas moral/kepribadian kata Dr. Frietz R. Tambunan selaku Rektor yang saat berita ini diliput masih sedang berada di Negeri Paman Sam.

Unika Santo Thomas sebagai universitas Katolik akan juga memperkenalkan prinsip-prinsip kekatolikan yang tercermin dalam visi, misi, tujaun dan nilai-nillai yang dianut. Dalam pandangan Gereja Katolik, universitas adalah komunitas akademik yang membangun manusia utuh yakni manusia yang memiliki tubuh yang sehat, pikiran yang cerdas, hati yang penuh kasih, dan roh yang terarah kepada Yang Ilahi, yaitu Tuhan. Unika bertujuan menciptakan manusia yang cerdas dan sekaligus memiliki integritas moral sebagai nilai lebih dari pendidikan Katolik dan daya saing yang kuat.

Kehidupan dan kultur ilmiah mahasiswa baru dimulai pada masa PKKMB. Itulah sebabnya program ini akan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan sangat bersifat ilmiah sekaligus manusiawi. Dalam pelaksanaan PKKMB ini tidak aka ada perilaku kekerasan dan perlakuan yang kurang terpuji dari tim penyelenggara atau katakanlah praktek-praktek yang kurang baik seperti dalam tradisi OSPEK dari masa lalu.

Semua pimpinan Unika, mulai dari rektorat dan jajaran Fakultas dan Program Studi akan terlibat dalam penyelenggaraan ini dengan penuh tanggung-jawab. Para mahasiswa baru akan diberikan informasi tentang kehidupan akademik, nilai-nilai kekatolikan, tujuan pendidikan tinggi, lama masa studi, kewajiban dan hak, serta informasi tentang budaya organisasi yang bepusat pada Service Excellence, yaitu pelayanan prima untuk semua. Para mahasiswa yang senior dari Program Studi akan juga turut serta memberikan informasi yang perlu dalam spirit Service Excellence dalam kerjasama yang bertanggung-jawab dengan Panitia PKKMB.

Perlu disampaikan dan ditegaskan bahwa PKKMB ini adalah satu-satunya kegiatan universitas yang dilaksanakan untuk menyambut mahasiswa baru. Segala kegiatan yang diadakan diluar PKKMB setelah kegiatan belajar dimulai harus mendapat izin dari Pimpinan Fakultas/Prodi dan Universitas dan kelompok-kelompok mahasiswa yang mengadakan kegiatan lain di luar kampus setelah pelaksanaan PKKMB adalah tidak sah dan tidak diperkenankan serta akan ditindak sesuai dengan norma-norma yang berlaku. Dengan demikian setiap mahasiswa baru yang diajak untuk mengikuti  kegiatan yang bukan diorganisir oleh Fakultas atau Program Studi harus terlebih dahulu meminta legalitas dari kegiatan yang ditawarkan dengan bertanya kepada pimpinan Fakultas atau Program Studi.