HIWANIKA GANDENG ECO ENZYM MEBIDANG SOSIALISASIKAN PEMBUATAN ECO ENZYM
29 April 2021

Kamis, 29 April 2021 pukul 16.00 sd 18.15 WIB berlangsung kegiatan Sosialisasi Pembuatan dan Pemanfaatan Eco Enzy HIWANIKA dengan Eco Enzym MEBIDANG di Ruang Rapat lantai III. Rektorat.


Hiwanika yang merupakan himpunan wanita Unika sangat antusias dalam mengikuti sosialisasi eco enzym ini, Romasi Lumban Gaol, SE M. Si selaku wakil Rektor ll menyambut dengan hangat para Komunitas Eco Enzym MEBIDANG.


Kami sangat mengharapkan apapun yang akan di ajarkan kepada kami supaya dapat kami terapkan dalam sehari -hari.
"Saya juga sudah mencoba membuat eco enzym ini di rumah dengan mengikuti dari internet" katanya.


Eco-enzyme ini merupakan cairan hasil fermentasi antara limbah dapur, seperti kulit buah atau sayur-sayuran atau biasa disebut dengan sampah organik. Proses fermentasi ini memanfaatkan enzim dari sampah dapur agar dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.


Komunitas Eco Enzym MEBIDANG dalam penjelasannya mengatakan untuk membuat Eco Enzym ini cara nya sangat mudah cukup dengan mengambil sampah organik seperti kulit buah dan sayur - sayuran, menyiapkan wadah plastik bekas yang bisa di tutup rapat lalu masukkan 500ml air dan 50 gram gula merah, masukkan sampah organik ke wadah, jika sudah di masukkan sisa kan sedikit wadah agar ada ruang untuk proses permentasi, lalu di aduk, dan simoan di tempat dingin, kering dan berventilasi lalu setelah 3 atau 6 bulan eco enzym dapat di panen.


"Eco enzym ini juga memiliki banyak maanfaat seperti menyuburkan tanah, menjadi obat, pengharum ruangan, pembersih kloset, pasta gigi dan banyak lainnya'' katanya.


Akhir acara di lanjutkan dengan penyemprotan Eco Enzym yang telah disediakan oleh HIWANIKA.
(Humas)