KEYS TO STUDY ABROAD BY ENGLISH EDUCATION PROGRAM  
11 Juni 2017

 

 Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara menggelar Seminar Nasional dengan Tema “How To Get Scholarship For Further Study” ,Sabtu 10 Juni 2017.

Dalam acara Seminar Nasional ini, hadir Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Drs. Viator Lumban Raja, M.Pd. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam seminar ini sangatlah menginspirasi bagi khalayak umum dan mahasiswa/I prodi pendidikan bahasa Inggris secara khususnya, guna persiapan diri mereka kedepannya.

Pada seminar ini, hadir dua orang narasumber yakni Dr. Gantina Sitepu, M.Ed. (TESOL), Ed.D lulusan dari University of Wollonggong Australia dan sekarang aktif sebagai tenaga pengajar di salah satu lembaga ternama di Sumatera Utara, Australian Centre. Frans Judea Samosir, S.Psi, MPH lulusan dari University of Georgia Athens, USA dan sekarang aktif sebagai head of Rector’s Office of Catholic University of Saint Thomas SU. Moderator, Anna Stasya Prima Sari, S.Pd., M.Pd, selaku dosen tetap Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Unika St.Thomas SU. 

Frans mengungkapkan, ada banyak hal yang perlu dipersiapkan untuk mendapatkan beasiswa keluar negeri salah satunya jaringan sosial dan akses informasi yang luas dan kemampuan Bahasa inggris yang baik dengan skor TOEFL di atas 550. Selain itu, wajib mempersiapkan  dokumen-dokumen penting seperti Ijazah atau transkip nilai yang telah di terjemahkan kedalam bahasa Inggris/legalisir. “NO PAIN NO GAIN adalah satu kalimat mujarab sebagai pedoman agar tetap semangat berjuang mendapatkan beasiswa ke luar negeri”, demikian disampaikan Frans menutup sesi yang dibawanya.

Senada dengan materi yang disampaikan oleh Frans di sesi pertama seminar, Gantina Sitepu mengungkapkan bahwa salah satu syarat untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri yaitu lulus test TOEFL atau IELTS dengan rata-rata score di atas 500. Peserta begitu excited ketika lulusan dari Australia ini melakukan simulasi singkat test IELTS kepada seluruh peserta seminar.

Fanta Elpin Gulo seorang putera keliharan Nias Barat yang merupakan mahasiswa program studi Pendidikan Bahasa Inggris 2014 Unika Santo Thomas menjadi Master of Ceremony dalam kegiatan seminar. Fanta mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah program dari HMP Bahasa Inggris yang akan berkelanjutan secara bertahap kedepannya. Gulo juga menambahkan bahwa ia sangat senang melihat acara seminar ini karena dihadiri lebih dari 120 orang terdiri dari Dosen, Guru, partisipan umum dan Mahasiswa/i Unika dan Univerisitas lain.

“Semoga acara yang sangat luar biasa inspiratif ini dapat membuka wawasan yang luas mengenai cara mendapatkan beasiswa keluar negeri dan tidak kalah penting juga semoga Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UNIKA ST.THOMAS SU semakin dikenal orang banyak dan mahasiswanya semakin banyak”, pungkasnya. (Fanta/Prodi Pend B.Inggris 2014)

Salam #unikajaya