MAHASISWA ILMU HUKUM UNIKA IKUT PARADE CINTA TANAH AIR
17 Mei 2017

Rabu, 17 Mei 2017 Okino Manullang dan Parhasuhutan Saragih, mahasiswa prodi ilmu hukum 2014 mengikuti Perlombaan Diskusi/Argumentasi antar Perguruan Tinggi Tingkat Provinsi Sumatera Utara pada Parade Cinta Tanah Air (PCTA) di SMK Negeri 8 Medan. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Pertahanan RI bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Sumatera Utara. Dalam kejuaraan ini, Okino dan Suhut berhasil masuk lima besar dan meraih juara harapan 2.

Perlombaan ini diikuti oleh 23 tim yang berasal dari Universitas Negeri dan Swasta Wilayah Sumatera Utara. Adapun tema dari kegiatan ini adalah "Dengan semangat bela negara generasi muda mampu mengatasi pengaruh radikalisme, terorisme dan pengaruh negatif media, serta bahaya narkoba".

Pada kesempatan ini, Okino dan Suhut mengangkat topik "Indonesia sebagai poros Maritim", mengingat bahwa 1/3 dari wilayah Indonesia adalah laut dan menurut data BPS bahwa ada Rp. 19.000 triliun pertahun pendapatan negara dari sektor kelautan apabila di kelola dengan baik, artinya dapat menyumpang 1/3 dari dari pada APBN indonesia. Ini lah yang kami bawakan di dalam diskusi dan rekomendasi" tentunya. Adapun contoh rekomendasi yg kami sampaikan adalah pentingnya mengatur tata kelola hasil laut, keselamatan di laut, infrastruktur laut dan penegakan hukum laut.(okino,suhut)