PRODI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA GELAR SEMINAR PUBLIC SPEAKING
29 Mei 2017

Pentinya kemampuan dan kepercayaan diri berbicara di depan umum bagi seorang mahasiswa menjadi dasar pemikiran Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMP) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Katolik Santo Thomas menggelar Seminar Public Speaking di Aula Universitas Katolik Santo Thomas pada hari Senin, 29 Maret 2017.

Seminar ini diikuti oleh seluruh dosen dan mahasiswa dari Prodi Universitas Katolik Santo Thomas

Tujuan dari seminar Public Speaking ini adalah:

  1. Meningkatkan kecintaan mahasiswa terhadap Bahasa dan Sastra Indonesia.
  2. Meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa untuk tampil di depan umum.
  3. Meningkatkan kreativitas mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Menciptakan hubungan baik antar mahasiswa dan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.

Pada praktiknya, kebanyakan orang yang belum memahami pentingnya menguasai teknik tentang berbicara di depan umum, padahal ini merupakan hal dasar yang harus dimiliki seseorang saat terjun ke lapangan.

Fenomena terdekat yang paling sering dijumpai mengenai pentingnya public speaking adalah praktik di dalam kelas, kebanyakan mahasiswa yang tidak mampu berbicara di depan kelas dan berpresentasi di kelas sering kali tidak tepat sasaran bahkan adapula yang tidak berani mengemukakan pendapatnya sehingga kemampuannya tidak terlihat.

Menjawab fenomena yang tersebut Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Katolik Santo Thomas mengundang narasumber yaitu: Prof.Dr.Robert Sibarani,M.S., seorang Guru Besar Universitas Sumatera Utara dan Asnita Hasibuan, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Katolik Santo Thomas.

“Seminar Public Speaking ini sangat baik sekali karena memang masih banyak mahasiswa yang tidak percaya diri mengekspresikan ide lewat presentasi di kelas”, kata Anastasya Primasari Sinaga, S.Pd., M.Pd., salah seorang dosen di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Katolik Santo Thomas. “Materi yang disampaikan menjawab fenomena yang terjadi saat ini, Prof.Robert menjelaskan bagaimana kita sukses berbicara di depan umum dengan performa yang baik dan pengetahuan yang luas sebagai seorang guru dan public speaker. Ibu Asnita juga menjelaskan bagaimana penggunaan Bahasa yang baik dan benar juga adalah hal penting sukses menjadi public speaker”, tambahnya.(admin)