SOSIALISASI INSTRUMEN AKREDITASI 2018
06 Agustus 2018
Prof. Tjan Baharuddin dengan peserta Sosialisasi Instrumen Akreditasi 2018

Sosialisasi Akreditasi Perguruan Tinggi 2018 diadakan di Hotel Polonia Medan pada hari Senin, 6 Agustus 2018. Sosialisasi ini atas prakarsa LLDikti Wilayah 1 dan merupakan yang pertama di Indonesia. Direktur Eksekutif BAN-PT, Prof. Tjan Basaruddin, merupakan narasumber utama yang mempresentasikan dengan baik rencana implementasi instrumen baru Akreditasi Institusi dan Akreditasi Program Studi yang akan mulai diterapkan sejak 1 Oktober 2018.

Menurut Prof. T. Basaruddin, jumlah keseluruhan PT di Indonesia sebanyak 4651 dan yang sudah terakreditasi institusi sebanyak 73 terakreditasi A, 600 B, serta 1003 terakreditasi C. Di lingkungan LLDikti Wilayah 1, terdapat 39 terakreditasi B dan 36 dan 75 terakreditasi C dari jumlah 269 PTS di wilayah Sumut.

Prof. Tjan menjelaskan bahwa mulai tanggal 1 Oktober 2018, BAN PT akan mewajibkan penggunaan instrumen baru akreditasi yang akan terdiri dari 9 (sembilan kriteria). Saat ini borang akreditasi yang digunakan masih 7 (tujuh) standar yang diterapkan dalam kurun waktu 2008-2011. Perubahan yang terjadi dalam instrumen akreditasi sejak Oktober 2018 ini terjadi sebagai bagian dari implementasi amanat undang-undang, perkembangan sistem akreditasi global, dan masukan dari para stakeholder tentang instrumen yang digunakan sampai saat ini.

Pertemuan sosialisasi  ini (atau tepatnya: training – menurut Prof. Tjan) dihadiri oleh pimpinan Perguruan Tinggi di lingkungan Lembaga Layanan Dikti (LLDikti) wilayah 1 Sumatera Utara dan dibukan resmi oleh Prof. Mahryuni, Sekretaris LLDikti oleh karena pimpinan LLDikti, Prof. Dian Armanto sedang berada di Jakarta untuk menghadiri rapat kerja. Rektor Unika Santo Thomas, Dr. Frietz R. Tambunan, bersama Wakil Rektor I Prof. Dr. Ir. Posman Sibuea MS, hadir dalam kegiatan sosialisasi ini. Pimpinan Unika ini juga didampingi oleh Tim Kecil Penyusun Borang APT Unika 2018 yakni ibu Evelin Silalahi SE, MSi, Ir. Oloan Sitohang MT, dekan Fakultas Teknik, Drs. Lamhot Sitorus M. Kom dekan FIKOM, Ir. Tonni Limbong, kandidat doktor dan Kepala Lembaga Pengembangan Sistem Informasi (LPSI) Unika, Miss Afni Saragih, dosen Fakultas Ekonomi. Sepertinya peserta terbanyak berasal dari Unika Santo Thomas yang merupakan pertanda baik akan menggebu-gebunya Unika untuk mendongkrak mutu dan kinerja Unika saat ini. Unika Jaya. (r)