UNIKA GELAR STUDIUM GENERALE BERWAWASAN KEBANGSAAN
11 September 2017

 Salah satu rangkaian kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) 2017 Universitas Katolik Santo Thomas adalah Studium Generale dengan tema Kesadaran Bela Negara dan penguatan kehidupan berbangsa dan bernegara yang terselenggara pada Senin, 11 September 2017 pukul 10.30 di Aula Magna lt.3 Gedung Perpustakaan Unika. Hadir Dr. Frietz R. Tambunan selaku Rektor yang didampingi para Wakil Rektor dan Dekan dari setiap Fakultas. Studium Generale ini dinarasumberi oleh AKBP. Drs. Parluatan Siregar, MH selaku Wadir Binmas Poldasu dan dihadiri sekitar 700 orang peserta.  

Dalam sambutannya, Rektor memaparkan bahwa Studium Generale ini merupakan salah satu langkah Unika untuk membentuk mahasiswa baru menjadi mahasiswa atau anak muda yang peduli akan NKRI.

Pada kesempatan ini, Parluatan mensosialisasikan kepada peserta untuk terlibat dalam aksi tolak korupsi, tolak pungli, dan terorisme.  “Mahasiswa sebagai generasi muda bangsa saat ini, manfaatkanlah media untuk hal – hal positif, sehingga kamu tertempah menjadi anak muda yang berkarakter” katanya.  Selain itu, Parluatan juga mensosialisasikan terkait isu Narkoba. “Narkoba dapat membunuh karakter bangsa menjadi warga / pemuda/ pemimpin yang tidak profesional serta tidak berkarakter sehingga mudah terhasut sehingga timbul konflik dan perang kelompok suku, Ras, Agama, terjadi perpecahan Negara” tambahnya.

Studium Generale ini semakin kaya dengan hadirmya Dr. Elizabeth Gozali, salah satu Dosen Fakultas Unika Santo Thomas sebagai Moderator. Sebagai output dari Studum Generale ini, Rektor mewajibkan seluruh Mahasiswa Baru yang merupakan pesera utama harus mengirimkan tulisan ilmiah terkait dengan tema kegiatan ini. Rektorat akan memberikan award kepada mahasiswa yang menghasilkan karya tulis terbaik. 

Dalam closing statementnya, Rektor berharap kegiatan ini harus berkelanjutan.