UNIKA MEDAN GELAR PELATIHAN PENULISAN PROPOSAL PENELITIAN BERSTANDAR INTERNASIONAL
07 Mei 2021

Jumat, 7 Mei 2021 pukul 09.15 sd 17.00 WIB, Prof. Manihar Situmorang, M.Sc.,P.hD selaku Wakil Rektor IV Unimed yang telah menerbitkan Publikasi Ilmiah di 15 Jurnal Ilmiah Internasional dan Dr. Robbie Rahim yang telah menulis lebih dari 100 jurnal Ilmiah Internasional melakukan Kunjungan ke Universitas Katolik Santo Thomas dalam rangka Workshop; Penulisan Proposal Penelitian dan Paper Internasional di Aula Perpustakaan Lt. III.

Sebagai salah satu Universitas terbaik di Sumatera Utara dan  yang telah melahirkan  Dosen – dosen yang hebat, Rektor – Prof. Dr. Drs. Sihol Situngkir, MBA antusias menyambut kunjungan ini.

“Terimakasih kepada Bapak Prof. Manihar Situmorang  Dr. Robbie Rahim yang telah melakukan kunjungan ke Unika, kami harus berani belajar dari orang lain, menurut saya kami yang hadir sekitar 20 orang ini kami percaya dengan arahan dari Bapak sekalian ini bisa kita karyakan menjadi karya spektakuler” kata sihol. 

Hal senada juga disampikan oleh Dr. Ir. Pandapotan Sitompul, M.M selaku Ketua Panitia kegiatan Workshop; Penulisan Proposal Penelitian dan Paper Internasional

“Kami berharap semua Dosen mampu membuat drag proposal penelitian yang layak menjadi proposal Ilmiah, Penulisan Paper berstandar Internasional yang, menambah jumlah proposal yang diterima pada program Hibah riset dini, dan meningkatkan publikasi Jurnal Dosen berstandar Internasional khusus nya di Universitas Katolik Santo Thomas” tukas Pandapotan.

Saya sangat senang bisa bergabung di acara workshop Universitas Katolik Santo Thomas ini. Dalam penulisan proposal berstandar Internasional perlu nya memahami startegi dalam menyusun proposal yakni memahami prinsip dasar dari Skim penelitian, mengetahui sistematika proposal penelitian dan juga mengetahui masalah yang akan di teliti.

“Anda harus teliti dalam menulis proposal dan diwajibkan anda harus membaca berulang – ulang proposal yang telah anda buat dan juga anda harus memahami strategi dalam menyusun proposal agar proposal anda dapat di publish” katanya.

Selain itu Dr. Robbie Rahim menambahkan bahwa jika ingin menjadi Guru Besar salah satu syarat yang harus anda penuhi adalah Administrasi dimana syarat administrasi harus pulikasi di Jurnal  Reputasi dan menjadi reviewer di Jurnal Reputasi.

Sementara itu Jontra Pangaribuan selaku Plt. Dekan FKIP membagikan pengalamannya dalam penulisan Proposal. “dalam menulis proposal anda harus memahami apa yang diteliti dan tujuan dari penulisannya, mengikuti prosedur/panduan, melakukan latihan penulisan, membuat proposal anda semenarik mungkin sehingga pembaca tidak akan bosan dan mengumpulkan berbagai referensi”, katanya.

Acara yang ini berjalan dengan baik dan diakhiri dengan pemberian cendaramata kepada Narasumber dan  foto bersama.

(m/humas)