LAPORAN KEGIATAN HUMBAHAS 2019
20 Agustus 2019

Kegiatan ‘Seminar Lokakarya Hasil Kajian Akhir dan Pembelajaran Keberhasilan Program Perlindungan dan Pelestarian Hutan Lindung Berbasis Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal di Kec. Pakkat dan Kec. Tarabintang’ ini merupakan kegiatan yang diprakarsai oleh yayasan Caritas PSE KAM. Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Kantor Bupati Humbang Hasundutan pada tanggal 20 Juni 2019. Yayasan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Santo Thomas berperan sebagai Konsultan dan mitra Yayasan Caritas Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Agung Medan (YCPSEKAM) dalam kegiatan tersebut. Lokakarya ini bertujuan untuk mendengarkan dan mendiskusikan perubahan yang terjadi di masyarakat setelah kegiatan program perlindungan dan pelestarian hutan lindung yang telah dilaksanakan sejak tahun 2014 yang lalu. Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Ketua Yayasan Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unika Santo Thomas; Dr. Surya Abadi Sembing, M.Si dan Sekretaris LPPM; Shanty Silitonga, ST., MT, pelaksana kegiatan Godliff Sianipar, Ph.D dan Drs.Antonius Maju Purba, M.Si beserta empat belas mahasiswa Unika Santo Thomas.
b) Pelaksanaan Kegiatan
Kegiatan ini adalah bagian akhir dari serangkaian kegiatan yang termasuk dalam program perlindungan dan pelestarian hutan lindung yang telah dilakukan oleh yayasan Caritas PSE KAM beserta LSM Mitra di dua Kecamatan di Kabupaten Humbahas yaitu Kecamatan Pakkat dan Kecamatan Tarabintang.
Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati Humbahas dan dihadiri oleh SKPD Kabupaten Humbang Hasundutan dan beberapa LSM Mitra baik dari Medan dan juga Jakarta. Kegiatan ini terbagi kedalam dua sesi utama yaitu sesi pertama pemaparan hasil penelitian dosen dari LPPM Unika Santo Thomas dan sesi kedua pemaparan sharing hasil kegiatan Program Perlindungan dan Pelestarian Hutan Lindung Berbasis Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat Berbasis Potensi Lokal di Kec. Pakkat dan Kec. Tarabintang yang dilaksanakan oleh yayasan Caritas PSE KAM beserta LSM mitra mereka.