Profil

Fakultas Filsafat adalah salah satu di antara fakultas-fakultas yand dimiliki dan dikelola oleh Universitas Katolik Santo Thomas. Fakultas ini menjalankan fungsi dan tugas tridharma perguruan tinggi sejak 22 Mei 1986 dengan SK No. 0387/0/1986 dengan mengelola satu Program Studi Ilmu Filsafat dengan jurusan Filsafat Keilahian. Nama awal Program Studi Fakultas Filsafat ini adalah Filsafat Agama dengan jurusan Filsafat Agama Katolik, yang kemudian berubah menjadi Program Studi Ilmu Filsafat dengan jurusan Filsafat Keilahian. Nomenklatur yang baru ini mulai berlaku berdasarkan Permendikbud No. 154 Tahun 2014.

Fakultas Filsafat ini telah:

  1. Memperoleh status disamakan dengan SK No. 223/DIKTI/Kep./1992 pada tanggal 1 Juni 1992.
  2. Diakreditasi dengan nilai B dengan Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan No. 001/BAN-PT/AK-I/VIII/1998, tanggal 11 Agustus 1998.
  3. diakreditasi ulang tahun 2004 dengan nilai A dengan SK No. 016/BAN-PT/AK-VII/S1/V/2004, tanggal 7 Mei 2004.
  4. Diakreditasi ulang pada tanggal 5 Agustus 2011 dengan nilai B dengan SK No. 017/BAN-PT/AK-XIV/S1/VIII/2011. Masa akreditasi ini berlaku hingga 5 Agustus 2016.
  5. Diakreditasi ulang pada tanggal 18 Agustus 2016 dengan nilai B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2337/SK/BAN-PT/Akred/S/X/2016. Masa akreditasi ini berlaku hingga 20 Oktober 2021.


Institusi ini memiliki bendera berwarna putih yang berarti Ketulusan Mencari Kebenaran (Lihat Statuta Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara, 2012, Pasal 10; Statuta Universitas Katolik Santo Thomas Sumatera Utara, 2016, Pasal 11). Fakultas Filsafat didirikan untuk mencari, menggali, menghidupi, mempromosikan dan menyebarluaskan kebenaran.

Dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, lembaga ini bertujuan menghasilkan lulusan yang unggul mencari, menghidupi dan mempromosikan serta menyebarluaskan kebenaran dan kearifan dalam bidang filsafat. Lulusan itu sanggup mempertangungjawabkan imannya secara kritis, dialogis dan terbuka demi membantu orang mewujudnyatakan imannya kepada Tuhan dalam relasi dengan sesama dan lingkungan. Dalam bidang konsultasi etika dan moral, lulusan itu mampu menguasai prinsip etika dan moral Katolik serta menerangkan dan menerapkan prinsip tersebut sehingga masyarakat terbantu mengambil keputusan yang baik dan benar dalam kehidupan pribadi dan sosial kemasyarakatan. Dalam bidang penganimasian dan pemotivasian, lulusan itu trampil menggerakkan masyarakat untuk mencapai hidup yang matang secara manusiawi dan rohani. Dan dalam pengajaran dan pendidikan pastoral, lulusan itu sanggup menyusun dan menyajikan materi kateketik yang benar dan bermutu bagi umat.


NILAI-NILAI DASAR

Dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi, Fakultas Filsafat mengedepankan nilai-nilai Pancasila, nilai-nilai keilmuan, nilai-nilai iman dan moral Katolik serta nilai-nilai kesatuan dalam keberagaman.

  1. Nilai-nilai Pancasila yang meliputi ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan dan keadilan.
  2. Nilai-nilai keilmuan yang meliputi objektivitas ilmu, kejujuran, kebebasan akademik dan mimbar akademik dan penghargaan atas prestasi akademik.
  3. Nilai-nilai iman dan moral Katolik yang meliputi ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, kesetiaan dan ketundukan kepada ajaran iman dan moral seturut Magisterium Gereja Katolik.
  4. Nilai-nilai kesatuan dalam keberagaman yang meliputi toleransi, hak asasi manusia, pluralitas, kekeluargaan dan kebangsaan.