PROGRAM STUDI MANAJEMEN FEB UNIKA SANTO THOMAS MELAKSANAKAN ISO 21001 : 2018 SISTEM MANAJEMEN ORGANISASI PENDIDIKAN

Pada Senin, 30 Oktober 2023 Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Santo Thomas melaksanakan ISO 21001 : 2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan. Proses audit ini dilakukan di Ruang rapat Dosen Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) lantai 2.
Dua orang perwakilan auditor  yang diutus untuk menilai kepatuhan perusahaan terhadap standar ISO adalah Dr. Erfi Ilyas, MM dan Andika, S.Psi (PT Evodia Global Sertifikasi). Kedatangan untuk Tim Assesor disambut baik oleh pihak Rektorat, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Dr. Kornel Munthe dan Ketua Program Studi Manajemen yaitu Dr. Miska Irani Br Tarigan,MM.

Hadir pula dalam kegiatan visitasi audit ISO oleh jajaran Pimpinan Universitas Prof Dr Maidin Gultom, SH., M. Hum, Dr. Tonni Limbong,S.Kom.,M.Kom selaku Wakil Rektor I, Kepala LPM Drs. Lamhot Sitorus, M. Kom beserta beberapa Dosen yang turut hadir.

“Saya berharap Fakultas Ekonomi dan Bisnis akan memperoleh sertifikasi internasional nantinya, dan seperti yang saya pahami syarat untuk mendapatkan akreditasi internasional dengan mengadakan seminar-seminar international yang mengundang pembicara dari luar negeri. Saya mohon untuk dibenahi dan di perhatikan kembali dari sikap dan skill SDM, sarana dan prasarana. Kiranya dalam pelaksanakan audit ISO ini bisa berjalan dengan lancar dan baik adanya untuk bisa mendapatkan akreditasi Internasional” unkap Prof Maidin Gultom selaku Rektor Unika Santo Thomas dalam sambutannya.
Dekan FEB Dr. Kornel Munthe mengatakan bahwa tujuan dari ISO 21001 : 2018 yaitu untuk menjangka design dan meningkatkan kualitas pendidikan dan meningkatkan kepuasan dari mahasiswa serta memperbaiki reputasi Unika Santo Thomas kedepannya. Melalui sertifikat ini juga maka akan memberikan nilai kepercayaan dan nilai jual lembaga kepada  publik atau masyarakat kepada Unika.
“Terimakasih saya ucapkan kepada jajaran Pimpinan Universitas Katolik Santo Thomas terutama di Fakultas Eknomi dan Bismis atas kepercayaan yang diberikan kepada EGS PT Evodia Global Sertifikasi di dalam mengawal implementasi ISO 21001 : 2018. Bapak/Ibu selaku mitra tentu posisinya tidak selalu berhadapan, dimana melalui kemitraan ini besar harapan kami ada kontribusi yang diberiakan oleh EGS kepada Unika Santo Thomas terkhusus Fakultas ekonomi dan bisnis. kami juga diberikan banyak kesempatan sebagai editor bagaimana penerapan sistem manajemen organisasi” unkap Dr. Erfi Ilyas, MM selaku auditor dari EGS PT Evodia Global Sertifikasi.
Ada 2 katagori yang harus dilakukan yaitu :
1. Kejujuran, keterbukaan dalam menyampaikan data dan informasi.
2. Adanya keterbukaan dari Bapak/Ibu dalam menerima masukan dari kami selaku auditor.
ISO 21001 adalah standar global yang meliputi sistem manajemen organisasi pendidikan (SMOP) yang memiliki tujuan untuk memastikan bahwa sistem manajemen organisasi pendidikan organsiasi yang terbagi dalam 4 bagian, yaitu :
• sesuai dengan persyaratan-persyaratan atau bagian-bagiannya dengan kriteria
audit
• mampu memenuhi persyaratan peraturan, peraturan, dan kontrak yang berlaku
• efektif dan organisasi secara wajar mencapai tujuan yang ditentukan
• mengidentifikasi area-area untuk potensi peningkatan
Kegiatan ini dilanjutkan sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh anggota dalam pelaksanaan ISO 21001 : 2018 bersama dengan dim auditor.