INTERNATIONAL CONFERENCE SOCIAL MANAGEMENT MODEL OF BIG DATA ON CYBER CRIME

Universitas Katolik Santo Thomas melaksanakan Seminar Internasional dengan menghadirkan 3 (tiga) Narasumber dari Indonesia, Thailand dan Polandia. Kegiatan dilaksanakan di Bina Media Convention Hall pada Senin (13/02/2023).

Kegiatan Seminar Internasional terbagi menjadi 3 sesi presentasi dengan sesi pertama dibawakan oleh Prof. Dr. Herman Mawengkang yang berasal dari Universitas Sumatera Utara dengan Topik Stochastic Mixed Integer Nonlinear Programming.

Fr. Bogor Lumban Raja, PhD selaku ketua Panitia kegiatan ini menyampaikan terima kasih atas kehadiran pembicara yang telah jauh datang dalam mensukseskan seminar ini, serta atas kehadiran mahasiswa dari berbagai Fakultas.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini Unika semakin sukses serta semoga tahun depan kita dapat melaksanakan kegiatan seperti ini lagi” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Prof.Dr. Maidin Gultom, SH., M.Hum Rektor Unika dalam sambutannya menyampaikan Saya ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para pembicara yang terhormat atas waktu dan tenaga Anda untuk berpartisipasi dalam pembuatan terjadinya Konferensi Internasional saat ini. Perjalanan teknologi canggih telah menandai kedatangannya.

“Dewasa ini, teknologi tidak hanya menjadi bagian terpenting dalam hidup kita, tetapi juga telah menjadi “belahan jiwa” kita. Teknologi canggih telah menjadi penunjangnya sistem dalam setiap bagian dari kehidupan kita, baik itu dalam komunikasi, transportasi, dukungan kesehatan, serta dukungan pertahanan dan keamanan. Setelah menyebutkan sebelumnya, konteks Big Data telah menjadi masalah. Etika dalam menangani Big Data ditanyai. Berita seperti informasi pribadi dan rahasia dicuri, dilanggar, dan dimanipulasi terdengar hampir sepanjang hari” ujarnya.

Dr. Herman Wawengkang selaku pembicara pertama mengatakan “Dengan bantuan aplikasi Stochastic, kita sangat dibantu dalam melakukan kegiatan di masa depan khususnya dalam proses belajar”, ujar Dr. Herman.

Pada sesi dua presentasi dibawakan langsung oleh Prof. Dr. Gerhard Wilhem Weber yang berasal dari Fakultas Manajemen Teknik University of Technology Polandia menyampaikan big data tidak hanya terbatas pada proses penyimpanan data, namun juga menjadi pengatur dan pengelola data. Pada dasarnya, ada banyak manfaat dari big data yang dapat digunakan oleh pengusaha untuk meningkatkan bisnisnya.

Dalam presentasi Dr. Aaron Loh, PhD mengatakan Kontribusi bisnis dan ekonomi bagi masyarakat dan seluruh kehidupan kita membuat kita tidak lagi miskin memberi kami semua kebutuhan dan keinginan kami meningkatkan kualitas hidup kita munculnya teknologi secara radikal mengubahnya.

“Saya senang bisa hadir ke Unika ini dan partisipasi antar mahasiswa juga keren, harapanya materi yang saya bawakan hari ini dapat di pahami oleh mahasiswa yang datang”. Ujarnya

Akhir acara Unika menyerahkan Cendramata, Ulos kepada pembicara sekaligus foto dan makan bersama.

(humas)