http://pakde4drezeki.com/ https://sudututara.com/ https://exipple.com/ https://afterromeoworld.com/ https://www.drejtesia.org/ https://galerestaurant.com/ https://bestbackgammon.com/ https://carsonrotisseries.com/ https://pakde4d.crackerjackplayers.com/ https://pakde4d.carsonrotisseries.com/

PERAYAAN HARI KOMUNIKASI SOSIAL NASIONAL KE-XI DI UNIVERSITAS KATOLIK SANTO THOMAS BERLANGSUNG DENGAN MERIAH!

Humas.ust – Perayaan Hari Komunikasi Sosial Nasional Ke-XI yang digelar oleh Keuskupan Agung Medan di Universitas Katolik Santo Thomas berlangsung dengan meriah.  Acara yang digelar pada Kamis, (06/06/2024) ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa, dosen serta tamu-tamu undangan dari STP Bonaventura, Stikes Elisabeth dan lainnya. Acara berlangsung di Lapangan Reformasi Universitas Katolik Santo Thomas.

Turut dihadiri oleh ketua-ketua Komsos dari Keuskupan-keuskupan yang ada di Indonesia, Ketua Yayasan Anton Tampubolon, S.H dan jajarannya, Pejabat-pejabat Universitas, serta seluruh civitas akademika Unika Santo Thomas.

Diawali dengan perayaan Ekaristi yang dipimpin oleh Mgr. Kornelius Sipayung, OFM. Cap. Pada perayaan Ekaristi ini mengundang banyak pastor-pastor dari setiap paroki di Medan. Dalam kotbahnya Uskup menekankan tujuan dari tema acara ini ialah agar komunikasi antara manusia sungguh manusiawi.

“Kecerdasan jika tidak dibarengi dengan kebijaksanaan hati akan menyesatkan dan menjerumuskan, akan banyak orang terjerumus dan tersesat. Saya menyadari bahwa Allah lah sang kebijaksanaan hati itu.” ungkap Mgr. Kornelius

Usai perayaan Ekaristi, acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum yang menghadirkan narasumber ternama di bidang teknologi yakni Prof. Dr. Ir. Richardus Eko Indrajit, M.Sc., MBA., Mphil., MA yang sekaligus Pakar Informasi dan Teknologi. Mengusung tema yang sama yakni “Kecerdasan Artifisial dan Kebijaksanaan Hati : Menuju Komunikasi yang Sungguh Manusiawi”

Acara dibuka secara khusus oleh Mgr. Kornelius Sipayung, sekaligus yang menjadi Ketua Komsos KWI.

Mgr. Korenelius menyampaikan rasa terima kasih kepada civitas akademika Unika Santo Thomas Sumatera Utara yang bersedia menjadi tuan rumah pembukaan perayaan  ini.

“Saudara/i kita membuka dan masih ada beberapa hari kedepan dimana di Keuskupan . mari merefleksikan, merenungkan dan mendiskusikan apa yang disampaikan oleh bapak Paus Fransiskus, pesannya pada hari komunikasi sosial. Maka mulai tahun ini kita coba setiap tahun merenungkan  itu.” ungkap Mgr. Kornelius

Dalam acara ini juga menampilkan tari-tarian dari team tari asrama putri Unika Santo Thomas. Tarian tradisional yang dibawakan oleh team tari aswi tersebut memukau penonton dengan keindahan gerakan dan kostum yang mereka kenakan.

Dalam sambutannya Rektor Universitas Katolik Santo Thomas, Prof. Dr. Maidin Gultom, S.H., M.Hum yang menekankan pentingnya pesan dari Bapa Suci Paus Fransiskus pada hari Komunikasi Sosial Sedunia ke-58 “Segala bentuk refleksi harus dimulai dari hati, kalau tidak, resikonya manusia bisa kaya di bidang teknologi tetapi miskin dalam kemanusiaan dan Diatas segalanya, hati adalah tempat terdalam perjumpaan kita dengan Tuhan.”

Prof. Maidin juga mengajak untuk bersama-sama memanfaatkan kecerdasan artifisial untuk membangun komunikasi yang lebih manusiawi, di mana teknologi dan hati nurani berjalan beriringan.

“Pesan ini mengingatkan kita bahwa dalam setiap langkah kemajuan teknologi, kita harus mengedepankan nilai-nilai kemanusiaan. Tanpa kebijaksanaan hati, kemajuan teknologi dapat menjadi bumerang yang justru merugikan kita sebagai manusia. Teknologi yang seharusnya mempermudah dan memperbaiki kualitas hidup, bisa menjadi alat yang memisahkan dan mengasingkan kita dari nilai-nilai kemanusiaan yang sejati.” ungkap Prof. Maidin

Pada sesi diskusi Prof. Eko menekankan untuk selalu menggunakan hati dalam menggunakan kecerdasan teknologi yang sudah semakin meluas di tiap kehidupan kita manusia.

Prof. Eko mendapat antusiasme tinggi dari para peserta. Para peserta mendapatkan pengetahuan praktis tentang teknologi komunikasi seperti dapat menciptakan lagu secara instan melalui kecerdasan ai, dimana peserta diarahkan hanya memberikan 3 kata kunci maka ai akan memproses lagu kamu.

Dimana kecerdasan ai dapat membuat kamu semakin bijak jika kamu menggunakannya secara bijaksana pula. Prof. Eko menyampaikan bahwa kuncinya hanya bagaimana cara kamu menggunakan teknologi yang ada.

Disela-sela acara para peserta diajak untuk membuat video singkat dengan bernyanyi bersama lagu hari Komsos Kwi yang diiringi dengan gerakan yang cukup indah. Para peserta tampak antusias terkhususnya kaum mahasiswa/i Unika Santo Thomas.

Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada mahasiswa/i yang telah berani berpendapat serta memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh narasumber kita, Prof. Eko.

Perayaan hari Komunikasi Sosial Nasional Ke-XI tahun ini memberikan banyak manfaat dan wawasan baru bagi para peserta, terkhususnya dapat mempererat hubungan antar mahasiswa dan dosen dalam semangat kebersamaan. Selamat atas suksesnya perayaan hari Komsos Nasional ini! Selamat kepada setiap pribadi yang telah terlibat dalam penyuksesan acara ini. (Ade I. Sitanggang / Student Staff)

 

 

(a/humas)